Jumat, 11 Februari 2011

Tips scan menggunakan antivirus

Jika komputer kalian pernah crashhangperform menurunkoneksi internet lambat,sering eror, bisa jadi karena komputer kalian terinfeksi virus.
Virus atau malware sangat bermacam-macam bentuknya. Kadang ada yang lebih up-to-date ketimbang antivirus yang paling update sekalipun.
Komputerku pernah terinfeksi virus dan hampir aku instal ulang. Tetapi karena terlalu malas untuk instal ulang windows, maka akhirnya aku mencari-cari cara agar virus nya kena.
Berikut sedikit tips agar hasil scan virus bisa efektif dah menghapus virus ke akar-akarnya:
1. run windwos dengan metode safe mode, pada waktu booting, press f8 lalu pilih safe mode.
2. scan virus dengan anti virus yang update. gunakanlah 2 antivirus, yaitu lokal dan yang internasional. Aku sendiri memakai avira free dan smadav pro8.3
3. setelah selesai, scan juga dengan software exterminate it v1.77, kemudian dengan malware-bytes’ v1.16. 2 software tersebut adalah anti malware yang terupdate menurutku. Karena databasenya lebih dari setengah juta malware.
4. setelah selesai scan, dan virusnya terdeteksi segera restart windows, dan booting dengan normal mode.
5. dalam proses scan tadi, banyak registry yang masih belum tertata. Jalankan Registry Booster 2010, Registry Mechanic 2010 dan juga Tune up utilities 2011. Ketiga software tersebut adalah software untuk merepair dan menata registry yang sudah dikacaukan oleh virus. Ketiganya bersifat optional, pilih salah satu saja. Tetapi untuk hasil maksimal pakailah semuanya.
6. defrag registry dengan salah satu software pada point ke-5.
7. untuk kondisi normal, seharusnya windows anda sudah kembali normal. Jika masih terasa ‘eror’, restart windows, ketika booting tekan f8, pilih repair windows. Di layar akan tampak beberapa optional masalah yang anda alami. Klik aja salah satu. Windows akan mendetect dan repair sendiri. Aku memakai windows seven ultimate, untuk windows xp atau vista kurang tahu seperti apa tampilannya.
8. setelah selesai, jalankan windows  seperti biasanya. Kemudian jalankan tune up utilities 2011, pilih fix problem, pilih tune up doctor, klik through analysis. Tunggu hingga selesai. kemudian restart ulang.
9. jika windows anda masih bermasalah, cobalah gunakan software-software di atas untuk fix problem dan scan registry.
sebenarnya paling bagus adalah bit-defender. Tetapi karena bersifat shareware makanya saya memakai avira yang ‘free’…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar