Jumat, 11 Februari 2011

manfaat internet untuk bisnis

Kehadiran dan perkembangan internet telah memberikan banyak manfaat di berbagai bidang kehidupan manusia. Arus informasi dan ilmu pengetahuan yang bebas membuat banyaknya daerah yang buta akan informasi perlahan-lahan menjadi melek.
Berbagai manfaat dari internet ini membuat semakin banyak penyedia jasa ini yang meluaskan jaringannya. Manfaat internet untuk bisnis adalah salah satu satu manfaat internet yang sangat penting untuk perkembangan dunia usaha.
Berbagai Manfaat Internet di Dunia Bisnis
Suatu bisnis yang menjual produk atau jasa tentu sangat membutuhkan jalur pemasaran. Inilah salah satu manfaat internet untuk bisnis. Dengan keberadaan internet, jalur pemasaran dari produk dan jasa akan semakin luas.
Barang dan jasa yang akan dijual tidak lagi terbatas pada wilayah tertentu saja. Kehadiran internet membuat pemasaran produk semakin luas ke seluruh daerah yang terjangkau jaringan internet, bahkan sampai ke luar negeri.
Manfaat lain yang juga diberikan oleh internet bagi dunia bisnis adalah penciptaan brand image. Internet menjadi media untuk mengenalkan produk dan jasa kepada khalayak ramai.
Pembuatan situs resmi dari produk yang dijual dengan berbagai informasi produk akan membuat penyebaran merek dagang di masyarakat dapat lebih luas.
Promosi merupakan salah satu manfaat internet untuk bisnis. Dengan adanya internet, promosi produk dan jasa dapat dilakukan secara meluas dengan biaya yang lebih murah.
Coba Anda bayangkan biaya pemasangan iklan di koran atau majalah ternama, atau biaya untuk pemasangan iklan di televisi.
Harganya yang melangit membuat tidak banyak yang bisa memasang iklan di berbagai media tersebut. Namun lain halnya dengan internet. Anda bisa melakukan promosi dengan biaya yang sangat rendah dengan menggunakan teknologi internet.
Pelayanan dan penanganan keluhan yang cepat dan praktis merupakan manfaat internet untuk bisnis lainnya. Dengan adanya fasilitas emaildan chatting, setiap pertanyaan dari pembeli dapat dijawab secara cepat. Penanganan atas keluhan yang pelanggan sampaikan juga bisa berjalan lebih cepat.
Internet berhasil menyatukan penjual dan pembeli di dalam satu tempat dan mengatasi kendala jarak dan waktu. Dengan demikian, nama baik perusahaan dapat terjaga dengan baik. Demikian juga hubungan dengan konsumen sebagai penentu eksistensi perusahaan.
Dunia bisnis saat ini menuntut adanya kerjasama yang erat dengan berbagai instansi terkait. Dengan adanya internet, bisnis akan lebih lancar lagi. Anda bisa melakukan pembelian barang secara online.
Anda bisa memesan bahan baku secara cepat dengan menggunakan email. Anda juga bisa menyebarkan berbagai informasi produk dan jasa yang dijual hanya dengan beberapa klik pada tombol mouse saja.
Dunia bisnis dapat berkembang dengan pesat seiring perkembangan internet. Begitu banyak manfaat internet untuk bisnis yang bisa diraih bagi mereka yang benar-benar jeli. Kesuksesan dapat diperoleh dengan memaksimalkan peran saluran informasi yang tidak terbatas yang disebut internet ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar