Selasa, 15 Februari 2011

perawatan komputer

Hal-hal lain yang diperhatikan dalam menggunakan computer adalah :
a. Merawat Perangkat Keras
Komputer memerlukan perawatan supaya tahan lama. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat perangkat keras.
·        Hindarkan dari rokok dan debu
·        Hindarkan dari suhu dan kelembapan tinggi
·        Jauhkan dari makanan dan minuman
·        Gunakan program khusus untuk melindungi atau “park” hard disk saat menggerakan unit sistem. Letakkan floppy disk padafloppy disk drive.
·        Simpan floppy disk ditempatnya
·        Jangan sering menyalakan atau mematikan computer dalam sehari
·        Jangan biarkan computer terlalu lama menyala dengan program yang sama
·        Jangan biarkan computer memakia stop kontakyang sama dengan peralatan elektronik lainnya seperti televisi, kulkas, dll karena membahayakan keselamatan

b. Bila Timbul Masalah
·        Bila computer berhenti bekerja, pertama-tama periksa semua kabel yang terhubung dengan computer. Periksa stop kontak computer tidak terhubung dengan peralatan elektronik lain, misalnya alat penyedot debu.
·        Bacalah semua perintah yanga ad untuk mempermudah kita.
·        Hubungi perusahaan perangkat lunak dank eras ditempat pembelian computer karena mereka member jasa untuk memecahkan masalah yang timbul.

c. Mengelola file
Pastikan file pada hard disk disusun dalam directory sehingga mudah menemukannya. Jangan lupa menyalin file dari hard disk ke floppy disk atau CD sehingga jika file pada hard disk rusak maka masih ada salinannya. Hal ini disebut backing up. Saat mem-back upfile yang  sudah terpakai, pindahkan file dari hard disk. Hard disk yang sudah penuh dan data yang bercampur aduk akan membuat computer berjalan lambat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar